Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Tetap Berkualitas

Kunci dari kelezatan makanan tidak hanya dinilai dari kemampuan memasak. Namun, kesegaran makanan dan bumbu dapur yang kita gunakan juga menentukannya. Salah satu cara menjaga kualitas bumbu dapur ialah dengan menyimpannya dengan cara yang tepat.

Pasalnya, dengan menjaga kualitas bumbu dapur, berarti kita menjaga nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan bumbu dapur agar awet dan tahan lama. Simak ulasannya sampai tuntas, ya! 

Simpan Bumbu Dapur Halus di Wadah Tertutup

Membuat bumbu halus dalam jumlah banyak merupakan cara alternatif untuk menghemat waktu dalam memasak.

Bumbu dapur yang berbentuk halus atau yang dihaluskan, sebaiknya disimpan pada wadah atau toples bumbu yang tertutup rapat. Pastikan wadah tersebut kedap air dan juga kedap udara. 

Simpan Bumbu Dapur dalam Keadaan Utuh

Untuk bumbu dapur seperti kayu manis, kemiri dan adas manis sebaiknya kita simpan dalam keadaan utuh. Sebab, proses penghalusan bumbu bisa merusak kandungan minyak atsiri yang memberikan rasa khas pada bumbu-bumbu tersebut.

Simpan dengan baik dan baru haluskan ketika akan memasak. Cara ini bisa menambah cita rasa bumbu yang kita gunakan. 

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Meski bumbu dapur harus disimpan di tempat yang kering, hindari tempat yang tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Bumbu rempah yang terkena sinar matahari, membuat kualitasnya akan menjadi menurun drastis.

Bahkan, bisa menjadi kering, berbau tidak sedap hingga membusuk. Beberapa bahan yang sensitif terhadap sinar matahari di antaranya tomat, cabai dan lain-lain. 

Hindari Menyimpan Bumbu di Dekat Kompor

Serupa seperti efek yang diakibatkan oleh sinar matahari, menyimpan bumbu dapur di dekat kompor juga bisa membuatnya lebih cepat busuk.

Hawa panas dari kompor akan membuat bumbu dapur jadi cepat kering dan berubah warna. Oleh sebab itu, simpanlah bumbu dapur di tempat yang jauh dari kompor. 

Beli Bumbu Sesuai Kebutuhan

Kita perlu mempertimbangkan membeli persediaan bumbu dapur sesuai kebutuhan. Jangan membeli terlalu banyak bumbu yang jarang digunakan.

Pasalnya, bumbu dapur segar hanya mampu bertahan selama beberapa hari atau minggu. Lebih dari itu, ketajaman rasa dan aroma bumbu akan berkurang bahkan menjadi tengik.

Itulah beberapa tips menyimpan bumbu dapur agar bisa lebih tahan lama. Apabila ingin toples bumbu berkualitas, pilih saja produk dari Grinn Living.

Selain toples, tersedia pula storage dan organizer yang bisa membantu dalam penataan rumah. Kunjungi websitenya di grinnliving.com untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

1 komentar untuk "Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Tetap Berkualitas"

  1. bener bumbu dapur harus disimpan di tempat yang kering, hindari tempat yang tidak mendapat sinar matahari secara langsung.

    BalasHapus
List Blog Keren Rajabacklink