Rekomendasi Makanan yang Baik Bagi Penderita Diare dari SehatQ.com

makanan yang baik bagi penderita diare dari sehatq
source: s3-publishing-cmn-svc-prd.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Ketika mengalami diare, tubuh akan lebih sering BAB. BAB yang dikeluarkan juga cenderung cair. Penyebab diare sebagian besarnya karena infeksi virus atau bakteri di usus besar yang berasal dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Biasanya, diare tidak lebih dari 14 hari.

Namun, jika diare berlangsung lama itu disebabkan peradangan di saluran pencernaan, misalnya penyakit Crohn atau kolitis ulseratif. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat diare BAB cenderung cair, sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Maka, makanan yang baik bagi penderita diare biasanya yang bisa membantu menambah cairan pada tubuh.

Menurut Media Kesehatan Terpercaya, SehatQ.com orang yang mengalami diare dianjurkan untuk menjalani diet BRAT. Makanan dalam diet BRAT termasuk rendah serat yang akan membantu mengembalikan tekstur feses.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi orang diare agar cepat sembuh, di antaranya:

Buah-Buahan

Contoh buahan-buahan yang dianjurkan untuk penderita diare adalah pisang dan apel. Pisang bagus untuk diare karena teksturnya yang lembut, hambar dan mudah dicerna. Elektrolit dalam tubuh yang hilang ketika diare bisa digantikan oleh kalium yang terkandung dalam pisang.

Pisang diperkaya pula dengan pektin, yakni serat larut yang mana jika mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut saat diare, akan membantu menyerap cairan di usus sekaligus mencegah sembelit. Selain pisang, apel juga memiliki manfaat tak kalah baik untuk mengatasi diare.

Kamu bisa membuat puree apel. Namun, hindari makan kulit apel karena kandungan serat tinggi di dalamnya bisa membuat kerja usus jadi lebih berat. Beberapa jenis buah lain yang bagus untuk diare ialah sebagai berikut:
  • Buah kalengan.
  • Buah yang dimasak tanpa kulit maupun biji.
  • Kelapa.
  • Jus buah tanpa ampas.

Nasi Putih atau Bubur

Salah satu makanan yang bagus dikonsumsi saat kamu diare adalah nasi putih. Hal ini dikarenakan nasi putih mengandung rendah serat, sehingga bisa membantu mengurangi pergerakan usus. Biasanya, nasi putih juga mudah dicerna dan membantu memadatkan feses.

Jika kamu tidak berselera makan, buatlah nasi menjadi bubur karena bubur juga baik dimakan saat diare. Selain rendah serat, kandungan air yang banyak dalam bubur juga bagus untuk mencegah dehidrasi selama diare.

Roti Tawar

Selanjutnya, roti tawar putih juga bisa menjadi rekomendasi makanan yang baik untuk orang yang sedang diare. Sebab, kandungan tepung dalam roti tawar cenderung lebih mudah dicerna.

Namun, sebaiknya hindari pilih roti tawar yang terbuat dari gandum utuh. Pilihlah roti dari tepung terigu atau pretzel yang mengandung garam karena bisa membantu mengembalikan kadar natrium dalam tubuhmu saat diare.

Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang baik bagi penderita diare karena memiliki kandungan serat larut di dalamnya. Serat larut sendiri adalah jenis serat yang bekerja dengan menarik air dan mengubahnya menjadi gel selama di saluran pencernaan.

Manfaat oatmeal dalam hal ini ialah mampu memerlambat proses pencernaan serta membantu memadatkan feses. Hindari untuk menambahkan oatmeal dengan gula, madu, sirup atau susu.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan yang baik bagi penderita diare dari SehatQ.com. Sebagai media kesehatan terpercaya, SehatQ selalu memberikan artikel seputar kesehatan yang sangat informatif dan bermanfaat. Mulai dari tips, rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi ketika sakit tertentu, informasi suatu penyakit dan masih banyak lagi.

Bagi yang memerlukan informasi seputar hubungan dengan pasangan, kesehatan seksual, dan sebagainya, langsung saja kunjungi RomanXa.id. Ingin hidup lebih sehat dengan informasi yang akurat? Yuk belajar bersama di SehatQ.com! Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Makanan yang Baik Bagi Penderita Diare dari SehatQ.com"

List Blog Keren Rajabacklink