Apa Saja Yang Menjadi Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala Dalam Program Rehabilitasi?

Program rehabilitasi narkoba meliputi sejumlah rangkaian kegiatan yang diberikan mulai dari rehabilitasi medis, sampai rehabilitasi sosial yang dilakukan secara komprehensif untuk pengguna narkoba dan pecandu. Tujuannya tentu saja untuk membuat pengguna dan pecandu bisa terlepas dari jeratan ketergantungan narkoba dan menjalankan fungsi sosialnya seperti sedia kala di masyarakat dan lebih produktif. 

Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala Saat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Dikutip dari Tribunnews, bahwa ada banyak sekali rangkaian kegiatan atau program dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara berkala untuk pasien rehabilitasi narkoba. 

Konsultasi

Pada tahapan ini para pasien akan melakukan konsultasi untuk menentukan program rehabilitasi narkoba yang tepat. Adapun konsultasi bisa dilakukan secara online atau langsung mengunjungi pusat rehabilitasi.

Dimana calon pasien bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait layanan rehabilitasi. 

Pemeriksaan Pasien

Masuk ke tahap pemeriksaan di mana jadi bagian yang penting untuk identifikasi gangguan zat pada pasien. Selain itu pemeriksaan juga dapat membantu mendapatkan informasi awal terkait riwayat pasien terhadap penggunaan.

Adapun pemeriksaan dilakukan dalam tiga tahap. Mulai dari tahap screening yaitu tindakan untuk mengetahui perilaku dan kondisi pasien saat awal mengakses layanan rehabilitasi narkoba. Kemudian ada intake, dimana merupakan proses administrasi yang dilakukan sebelum pasien ikuti program rehabilitasi. Yang ketiga ada asesmen, yang merupakan tindakan penilaian untuk mengetahui kondisi pasien secara tepat karena penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Rencana Rawat Pasien

Masuk ke bagian ini di mana pasien akan mengakses layanan rehabilitasi narkoba. Rencana rawat disusun untuk mempertimbangkan kebutuhan pasien.

Orientasi Program

Merupakan penyampaian informasi ke pasien dari tenaga profesional untuk akses layanan rehabilitasi. Disini juga akan disampaikan program rencana rawatan hingga aturan yang berlaku.

Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala

Adalah kegiatan yang dilakukan untuk cek kesehatan baik fisik dan mental pasien dari dokter terlatih. Disini dokter akan menentukan apakah pasien butuh obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat yang akan diderita. 

Selain kelima poin diatas, serangkaian program dan pemeriksaan juga dilakukan. Mulai dari assessment medis berkala, detoksifikasi, Cold Turkey, program rawat inap atau program lewat jalan, konseling medis, konseling psikiater, konseling psikolog klinis, individual treatment, konseling edukasi, sesi edukasi. Ada juga family dialogue, kegiatan keagamaan, wellness & holistic, family support group atau FSG, outing hingga saturday night activity. Adapun sua program ini bisa didapatkan jika memilih pusat rehabilitasi terbaik tentunya.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Yang Menjadi Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala Dalam Program Rehabilitasi?"

List Blog Keren Rajabacklink