Mengapa Ganja Ilegal di Indonesia?

Berbicara soal ganja, memang barang satu ini dilarang penggunaannya di Indonesia karena termasuk dalam golongan narkotika. Negara-negara lain juga banyak yang melakukan hal sama namun tetap saja ada beberapa negara yang memang melegalkan ganja.

Adapun ganja dilarang karena punya unsur psikotropika jenis tetrahidrokanabinol atau THC. Dimana kandungan tersebut punya kemampuan membuat perubahan pada aktivitas dan mental seseorang. Belum ditemukan seseorang yang setelah konsumsi ganja melakukan kejahatan fatal namun tetap saja ganja dilarang.

Indonesia juga punya daerah penghasil ganja yaitu Aceh. Namun meski merupakan daerah penghasil ganja tetap saja ganja di Aceh ilegal dan aktivitas penanamannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Dalam dunia medis ganja punya banyak manfaat karena efeknya cukup positif. 

Apa Bahaya Ganja Jika Dikonsumsi

Meski dalam dunia medis ganja banyak digunakan untuk kebutuhan positif namun jika dilakukan penyalahgunaan bisa berdampak negatif. Apalagi jika ganja dikonsumsi secara berlebihan, efeknya berupa rasa tenang dan tinggi serta memicu efek samping lain seperti perasaan paranoid, mual dan gangguan persepsi. Selain itu apa saja bahaya ganja jika dikonsumsi?

Merusak Otak

Menurut Pikiran Rakyat, konsumsi ganja bisa berdampak pada organ otak. Dimana ganja dapat memicu gangguan pada kemampuan berpikir dan struktur otak seseorang. Bahkan dalam pemakaian jangka panjang bisa membuat orang kehilangan memori dan menghambat fungsi otak secara keseluruhan atau sebagian.

Merusak Paru-paru

Selain menyerang otak, ganja juga bisa menyerang paru-paru karena punya kandungan tar lebih tinggi 3 kali lipat dibanding tar pada tembakau. Tentu saja konsumsi ganja tidak baik untuk kesehatan paru-paru.

Asap dari ganja jika terhirup bisa menyebabkan potensi kanker muncul lebih banyak dibanding asap rokok tembakau.

Gangguan Mental

Efek gangguan mental juga tidak terelakkan lagi pada pengkonsumsi ganja untuk jangka waktu panjang. Ada banyak sekali gangguan mental yang terjadi karena konsumsi ganja salah satunya adalah meningkatkan risiko gejala psikotik untuk pengidap skizofrenia.

Orang yang mengkonsumsi ganja juga senang berhalusinasi, mengalami delusi dan rasa cemas serta serangan panik.

Mudah Sakit

Orang yang mengkonsumsi ganja juga lebih mudah sakit karena memang ganja bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun maka penyakit lebih mudah menyerang, tubuh karena tubuh Anda sulit melawan infeksi akibat imunnya yang menurun. 

Sekarang tentu Anda sudah tahu bukan, mengapa ganja peredarannya ilegal di Indonesia. Karena konsumsi ganja baik untuk orang dewasa apalagi anak-anak sangat berbahaya, tidak hanya merusak tubuh tapi juga mental. Dimana jika konsumsi ganja meningkat di masyarakat tentu saja tidak hanya merugikan diri sendiri, keluarga tapi juga orang sekitar.

Posting Komentar untuk "Mengapa Ganja Ilegal di Indonesia?"

List Blog Keren Rajabacklink