Apa Itu Rehabilitasi Narkoba? Begini Penjelasannya!

Seseorang yang sudah menjadi pecandu narkoba, maka untuk penyembuhannya perlu yang namanya rehabilitasi narkoba. Adapun rehabilitasi untuk para pecandu narkoba adalah sebuah langkah untuk memulihkan pengguna agar bisa terbebas dari narkoba.

Untuk proses rehabilitasi sendiri membutuhkan waktu yang tidak instan apalagi jika Anda adalah pecandu narkoba yang sudah cukup lama bertahun-tahun berada di lembah kelam tersebut. Adapun rehabilitasi narkoba punya tahapan-tahapan tersendiri yang harus diikuti dari proses awal sampai akhirnya bisa pulih. 

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Dikutip dari Harian Aceh, berikut ini beberapa tahapan rehabilitasi untuk penggunaan narkoba. Tahap Rehabilitasi Medis

Di tahap ini biasanya dokter akan memeriksa kesehatan fisik dan juga mental pasien pecandu. Kemudian dari pemeriksaan tersebut bisa dilihat apakah dokter akan memberikan resep obat untuk mengurangi gejala sakau atau tidak.

Tahap Rehabilitasi Non Medis

Selanjutnya masuk ke tahap rehabilitasi non. Dimana pada tahap ini akan dicoba pemulihan bagi para pecandu, agar bisa kembali normal dan bebas dari narkoba yang tentu saja berbahaya.

Tahap Pembinaan Lanjutan

Di tahap pembinaan lanjutan pecandu bisa kembali ke lingkungan tapi tetap harus diawasi. Proses pengawasan ini dilakukan agar mantan pasien tidak kambuh dan kembali ke mengkonsumsi narkoba.

Cold Turkey

Selain tiga tahapan tersebut ada juga beberapa metode pengobatan lain untuk memulihkan kecanduan narkoba salah satunya Cold Turkey. Dimana pada tahapan ini pengguna tidak akan bisa mengakses narkoba apapun caranya.

Karena pengguna akan dikurung terlebih dahulu dalam ruangan sampai tingkat ketergantungannya hilang. Kemudian pasien akan mengikuti konseling agar bisa benar-benar tobat dan tidak kembali ke narkoba.

Terapi Komunitas

Terapi komunitas juga jadi salah satu cara untuk membuat pengguna tidak kembali memakai narkoba agar bisa seperti sedia kala hidup di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan setelah terapi komunitas, pengguna bisa kembali sebagai manusia normal.

Terapi 12 Langkah

Adapun terapi ini awalnya dikembangkan di Amerika Serikat, namun saat ini cukup diandalkan di berbagai negara terutama di Indonesia. Terapi 12 langkah memang dilakukan dalam 12 tahapan mulai dari tahapan awal sampai nantinya pengguna bisa benar-benar sembuh total dari kecanduan zat berbahaya. 

Jadi sekarang tentu sudah tahu apa itu rehabilitasi narkoba dan bagaimana tahapannya. Selain mengetahui tahapan-tahapan rehabilitasi, Anda juga perlu paham bahwa pusat rehabilitasi menentukan tingkat keberhasilan para pecandu akhirnya bisa benar-benar sembuh.

Posting Komentar untuk " Apa Itu Rehabilitasi Narkoba? Begini Penjelasannya!"

List Blog Keren Rajabacklink