5 Tips Menghilangkan Nyeri Saat Menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan yang akan dialami oleh perempuan dewasa, di mana nyeri sering terjadi karena peluruhan dinding rahim yang memicu kontraksi dan penekanan pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Kontraksi tersebut memutuskan suplai darah ke oksigen rahim dan akibatnya jaringan rahim melepas bahan kimia kemudian timbul rasa nyeri.

Rasa nyeri saat haid adalah umum terjadi pada wanita. Nyeri biasanya dirasakan pada bagian perut bagian bawah. Umumnya rasa ini bisa ringan namun ada juga beberapa orang yang mengalami nyeri berat bahkan tak tertahankan hingga mengganggu aktivitas.

Menghilangkan Nyeri Menstruasi

Saat menstruasi, Anda bisa coba mengurangi rasa nyeri dengan beberapa hal sebagai berikut.

Menggunakan Kompres

Pertama Anda bisa mencoba menggunakan kompres air hangat di area perut atau bagian yang nyeri. Anda bisa isi air hangat ke dalam botol atau gunakan bantal pemanas lalu tempelkan ke bagian perut. Panas yang dihasilkan bisa mengendurkan otot dan meredakan rasa nyeri atau kram yang terjadi.

Panas dari kompres juga dapat membantu otot rahim dan organ disekitarnya, lebih rileks dan juga jauh lebih nyaman. Bisa juga dengan mencoba berendam dalam air hangat untuk membuat otot-otot di bagian perut jadi lebih mengendur.

Akupuntur

Cara kedua bisa mencoba menggunakan teknik akupuntur. Namun akupuntur ini bisa Anda coba untuk kram menstruasi, yang sudah lebih parah. Penelitian menyebutkan akupuntur dapat meredakan kram dengan cara mendorong pelepasan endorfin.

Bahkan teknik akupuntur bisa mengurangi peradangan, sehingga Anda yang merasakan nyeri jadi lebih rileks setelahnya. Pastikan lakukan akupuntur dengan jasa yang berpengalaman bukan mencoba sendiri.

Lakukan Pijatan

Untuk meredakan nyeri menstruasi secara mandiri Anda bisa mencoba lakukan pijatan. Lakukan pijatan secara sederhana dengan tekanan lembut di area atas perut. Kegiatan ini bisa membuat bagian perut lebih rileks terutama untuk bagian otot-otot panggul.

Pijatan juga dapat mengurangi kram. Anda bisa lakukan pijatan dengan bantuan minyak pijat ataupun body lotion agar lebih mudah melakukannya.

Kurangi Konsumsi Makanan Tertentu

Jika Anda sering merasakan nyeri selama menstruasi maka batasi asupan makanan dan juga minuman. Terutama untuk jenis makanan yang bisa menyebabkan perut terasa kembung atau kelebihan cairan. Sebaiknya kurangi makanan berlemak hingga minuman berkafein dan beralkohol.

Sebaiknya juga hindari minuman bersoda dan makanan manis untuk mengurangi rasa sakit dan kram perut. Ada baiknya, Anda lebih banyak konsumsi teh dengan campuran jahe atau daun mint untuk membuat perut terasa lebih nyaman.

Lakukan Relaksasi

Terakhir Anda bisa coba melakukan teknik relaksasi. Jenis relaksasi yang bisa dicoba mulai dari meditasi hingga pilates dan yoga. Kegiatan ini tentu saja dapat mengalihkan rasa nyeri haid dan ketidaknyamanan saat menstruasi.

Bahkan ada beberapa pose latihan yoga yang memang bisa meredakan nyeri punggung saat Anda menstruasi.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan mens nyeri ketika sedang masa menstruasi. Saat sedang menstruasi, selain nyeri pastikan Anda juga perhatikan penggunaan pembalut. Untuk pembalut yang aman, Anda harus mempercayakan pada produk Charm.

Charm memiliki berbagai produk unggulan untuk pembalut yang aman. Tidak hanya pembalut anti bocor, tapi juga pembalut dengan kandungan herbal. Pembalut Charm dipilih karena bebas lembab dan membantu penyerapan gumpalan lebih cepat dan tetap kering meski dipakai semalaman.

Apalagi saat ini, Charm mengeluarkan produk terbaru dengan inovasi Extra Dry Sheet dan bisa dipilih panjangnya sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk jam yang bisa anda pilih, kunjungi charmgirlstalk.com.

Posting Komentar untuk "5 Tips Menghilangkan Nyeri Saat Menstruasi"

List Blog Keren Rajabacklink