5 Jenis Pisau Dapur Beserta Fungsinya

Pisau adalah salah satu peralatan dapur yang tidak mungkin absen di setiap rumah. Sering dipakai sebagai alat untuk memotong beragam bahan makanan, pisau mempunyai berbagai jenis ukuran sesuai dengan fungsinya.

Pertimbangan ketika memilih peralatan dapur lengkap seperti pisau adalah sesuai keperluan yang bisa dilihat dari ukurannya serta tingkat ketajamannya. Perbedaan macam-macam pisau bisa juga terlihat dari bentuk fisiknya yang berbeda.

Akan tetapi tidak seluruhnya macam-macam pisau cocok dipakai untuk aktivitas memasak setiap harinya di rumah. Di bawah ini merupakan beberapa jenis pisau dapur dengan fungsinya masing-masing yang perlu kalian ketahui. 

Pisau Serbaguna

Pisau serbaguna atau yang biasa dikenal dengan istilah chef's knife merupakan salah satu jenis pisau yang paling umum dan sering dijumpai di hampir seluruh dapur rumahan. Ukuran pisau ini berkisar antara 20 sampai 30 cm.

Pisau jenis ini juga seringkali digunakan para koki profesional untuk memotong beragam jenis bahan baku makanan. Dikarenakan fungsinya yang serbaguna maka pisau jenis ini sering digunakan untuk memotong daging, mencincang bawang, mengiris sayuran serta berbagai aktivitas memasak lainnya. 

Pisau Iris

Pisau iris atau juga dikenal dengan slicing knife merupakan salah satu jenis pisau dapur yang memiliki kemiripan dengan pisau serbaguna. Perbedaannya terletak pada bentuknya yang lebih tipis dan lebih sempit.

Mata pisau yang tipis tersebut membuat pisau iris ini sering dijadikan untuk mengiris daging asap atau juga daging ayam agar irisan yang dihasilkan lebih rata. Atau juga untuk mengiris kulit buah setipis mungkin. 

Pisau Roti

Pisau roti atau serrated knife merupakan jenis pisau yang memiliki gerigi tipis di bagian bawah. Tekstur ini memang dirancang semacam itu untuk tujuan menghindari bahan yang akan dipotong menjadi hancur.

Untuk itulah pisau ini sering digunakan untuk memotong roti atau kue. Di sisi lain pisau jenis ini bisa juga dipakai untuk memotong sayuran yang memiliki tekstur kulit luar yang licin seperti tomat, mentimun atau terong. 

Pisau Fillet

Pisau fillet atau boning knife banyak dipakai oleh para chef profesional. Pisau jenis ini merupakan pisau khusus yang digunakan untuk memisahkan antara daging dan tulang.

Bentuk dari pisau ini kecil dan tipis serta memiliki ciri khas berupa lengkungan yang runcing di bagian ujung. Bentuk ini memudahkan proses penghilangan tulang dari daging. Sebaiknya yang memakai pisau ini adalah orang yang telah berpengalaman karena pisau ini memiliki ketajaman yang tinggi. 

Pisau Keju

Pisau keju atau cheese Knife adalah pisau yang biasa digunakan untuk memotong keju. Pisau jenis ini memiliki bentuk lubang-lubang di seluruh bagian badan pisau. Lubang-lubang ini berfungsi untuk merapikan potongan keju sekaligus mencegah menempelnya keju di pisau ketika dipotong.

Itulah lima jenis pisau yang perlu untuk kalian ketahui. Untuk menghindari berbagai peralatan dapur lengkap seperti pisau-pisau di atas dari karatan, sebaiknya peralatan tersebut disimpan di tempat penyimpanan pisau.

Produk yang direkomendasikan adalah produk dari Ivory Knife Organizer dari Grinn living. Tempat penyimpanan pisau ini bisa disesuaikan dengan ukuran pisau yang kalian miliki.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Pisau Dapur Beserta Fungsinya"

List Blog Keren Rajabacklink