Kenali Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Asuransi Kesehatan

Selain memproteksi diri dengan asuransi kesehatan, kamu juga perlu berolahraga agar tubuh semakin sehat dan bugar. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, justru menyebabkan cedera saat berolahraga.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu perlu menyiapkan diri dan melakukan pemanasan dengan benar cukup sebelum mulai olahraga. Berikut ini adalah beberapa cedera saat olahraga yang paling sering terjadi. Simak ulasannya sampai tuntas, ya! 

Cedera Pergelangan Kaki

Cedera pergelangan kaki biasanya disebabkan oleh peregangan yang berlebihan atau robekan pada ligamen (pita jaringan yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya). Bagian ini sering mengalami cedera karena merupakan tempat tiga tulang bertemu.

Umumnya, terjadi ketika kamu sedang berlari atau berjalan pada permukaan yang tidak rata, yang akhirnya membuat pergelangan kaki terkilir. Cara mengatasinya ialah dengan mengistirahatkan kaki terlebih dahulu, jangan digunakan berjalan atau berdiri.

Setelah itu, kompres dengan es untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Agar lebih cepat pulih, angkat pergelangan kaki hingga lebih tinggi dari jantung dalam posisi berbaring. 

Kram Otot

Kram otot juga merupakan salah satu jenis cedera olahraga yang umum terjadi, terutama jika kamu langsung berolahraga secara intens. Dan sebelumnya tidak melakukan pemanasan yang cukup atau peregangan otot yang baik.

Cedera ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Ketika kram menyerang, otot akan mengalami kontraksi tiba-tiba sehingga kamu merasakan nyeri. Selain itu, bagian tubuh yang kram juga akan sulit digerakkan selama beberapa detik atau menit.

Untuk mengatasinya, lakukan peregangan ringan paa bagian yang kram. Lalu pijat dengan lembut sambil terus kamu gerak-gerakkan. Setelah kramnya menghilang, jangan langsung melanjutkan olahraga, ya. 

Nyeri Pinggang

Bagi yang sering olahraga angkat beban, bersepeda atau bermain golf, tenis dan bisbol, rawan mengalami nyeri pinggang atau cedera punggung bawah. Rasa nyeri akan muncul di bagian pinggang atau punggung bawah.

Nyeri ini bisa disebabkan oleh saraf terjepit, adanya robekan pada otot atau tendon dan herniated disk. Kamu bisa mengobati nyeri pinggang sendiri dengan cara beristirahat dan memberikan kompres dingin. Hindari gerakan-gerakan seperti membungkuk atau mengangkat beban.

Itulah beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi. Untuk itulah, kamu harus melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga agar terhindar dari masalah cedera.

Tidak hanya itu, berikan pula proteksi perlindungan kesehatan dengan asuransi kesehatan dari PFI Mega Life. Produk-produk asuransi lainnya juga akan melengkapi proteksi masa depan kamu. Kunjungi pfimegalife.co.id untuk informasi selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Kenali Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi"

List Blog Keren Rajabacklink