Apa Itu Rekening Bersama? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Saat ini, rekening bersama atau rekber menjadi solusi untuk menghindari dan meminimalisir tindak kejahatan penipuan dalam transaksi jual beli online. Rekening bersama atau seringkali disebut dengan escrow service adalah konsep hukum yang menggambarkan beberapa instrumen keuangan, di mana uang atau aset akan dipegang oleh pihak ketiga atas nama setiap pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian kegiatan transaksi.

Uang yang disimpan di dalam rekening ini nantinya akan dikelola oleh pihak ketiga sampai menerima instruksi untuk melepaskan uang tersebut kepada pihak yang telah ditentukan saat kewajiban kontrak sudah terpenuhi. Umumnya, penggunaan sistem pembayaran rekening bersama ini digunakan dalam e-commerce, namun bisa juga untuk transaksi perbankan, merger, akuisisi dan juga properti. 

Cara Kerja Rekening Bersama

Rekening bersama atau rekber diklaim sebagai metode pembayaran yang lebih aman dibandingkan melakukan transfer secara langsung ke rekening penjual maupun toko online. Rekber dikelola dan dioperasikan oleh pihak agen yang bertindak sebagai perantara antar pihak penjual dan pihak pembeli.

Pihak pengelola bisa berbentuk perorangan, organisasi atau bisa juga dalam bentuk perusahaan. Cara kerja dari rekening bersama ini bisa dibilang memiliki prinsip yang sangat sederhana. Pihak penyedia jasa rekening bersama hanya harus membuka rekening bank, bisa beberapa bank secara sekaligus atau salah satunya saja.

Rekening bank tersebut nantinya akan digunakan untuk menyimpan uang atau dana selama proses transaksi penyelesaian antar kedua belah pihak, penjual dan juga pembeli. Agar lebih jelas, berikut adalah cara kerja rekening bersama. Di antaranya: 

  • Pihak penyedia jasa rekber akan menyediakan satu atau beberapa akun rekening bank yang digunakan untuk menyimpan uang transaksi online. 
  • Pihak pembeli yang membeli produk dari salah satu toko online nantinya akan mengirimkan sejumlah dana yang sudah mencakup harga beli dan biaya jasa ke salah satu rekening yang sudah disediakan oleh pihak penyedia rekber. 
  • Kemudian, penyedia jasa rekening bersama akan menginformasikan kepada pihak penjual atau toko online bahwa pihak pembeli sudah melakukan pembayaran atas barang yang sudah dipesan. 
  • Pihak penjual lalu mengirimkan barang yang sebelumnya sudah dipesan oleh pembeli dan melakukan konfirmasi pada pihak penyedia jasa rekber bahwa barang sudah dikirim. Sehingga, pengiriman barang bisa diketahui dan dilacak oleh mereka. 
  • Ketika barang atau produk yang sudah dipesan sudah sampai di tujuan pembeli, maka pembeli pun harus melakukan konfirmasi kepada pihak penyedia rekber bahwa barang sudah diterima dan sesuai dengan pesanan. 
  • Apabila tidak ada keluhan terkait barang yang dipesan, maka pihak penyedia jasa rekening bersama akan melakukan transfer uang sesuai dengan harga barang kepada pihak penjual. Namun jika ada keluhan seperti barang tidak sesuai, barang tidak berfungsi dan sebagainya, maka pihak penyedia jasa rekening bersama akan meninjau dan menahan dana tersebut sampai ada kesepakatan lanjutan dari kedua belah pihak.


Nah, demikianlah ulasan mengenai rekening bersama dan juga cara kerjanya. Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda perlu menyesuaikan sistem pembayaran untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan. Solusinya adalah dengan menggunakan layanan payment gateway Midtrans.

Salah satu payment gateway terbaik di Indonesia ini berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan para pebisnis online dalam bertransaksi dengan menyediakan berbagai macam sistem pembayaran. Midtrans menyediakan 24 metode pembayaran baik secara online maupun offline yang pasti membuat pembeli puas dan berbelanja dengan nyaman.

Sebagai pihak penjual, Anda pun bisa menerima pembayaran dengan mudah, cepat dan aman. Informasi selengkapnya bisa dilihat di midtrans.com. Yuk segera daftarkan diri dan usaha Anda di Midtrans!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Rekening Bersama? Berikut Penjelasan Lengkapnya"

List Blog Keren Rajabacklink