Mari Kenali Tahapan Tumbuh Kembang pada Bayi Pada Tahun Pertama

tahap tumbuh kembang pada bayi pada tahun pertamanya

Terdapat beberapa tahap tumbuh kembang bayi pada usia 0 sampai 12 bulan. Orang tua sangat perlu mengetahui dan mengenal setiap tahapannya. Dengan memahami setiap tahap yang anak lalui, orangtua akan mudah memberikan rangsangan yang tepat untuk membantunya berproses.

Mengenal lebih dalam terkait tumbuh kembang bayi juga mendorong Bunda lebih paham tentang setiap gangguan yang mungkin terjadi selama proses tersebut.

Berikut ini tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi di tahun pertamanya. Simak dengan baik-baik, ya Bunda.

Baru lahir sampai 1 bulan

Pada hari kedua setelah lahir, buah hati akan kehilangan kurang lebih 10% berat badannya. Berat badannya akan kembali normal saat umurnya sudah masuk minggu kedua. Mata bayi terlihat seperti belum bisa fokus, bahkan seperti juling. Tenang Bunda, hal ini sangat wajar kok.

Bayi 1 sampai 3 bulan

Pada umur ini, beratnya bisa bertambah 680-910 gram dan lingkar kepalanya bertambah 1,25 cm pada setiap bulan. Bayi juga mulai menunjukkan perkembangan, seperti mampu mengangkat kepala maupun dadanya, mata sudah bisa merespon, bisa memainkan jari dan kakinya, serta mampu membedakan suara orang yang dia kenal dengan suara orang lain.

Bayi 4 sampai 6 bulan

Berat badan bayi sudah mencapai 2 kali berat lahir. Dan mereka menunjukkan perkembangan, seperti bisa tersenyum, mulai kontak mata, mampu berguling, dan mulai mengoceh dengan satu atau dua patah kata.

Bayi 7 sampai 9 bulan

Umumnya, berat bayi akan bertambah sekitar 450 gram pada setiap bulan. Selama tahap ini, si Kecil menunjukkan perkembangan berupa bisa merangkak, mampu duduk sendiri, bisa belajar berdiri dengan berpegangan, berkata mama dengan jelas, dan mengangkat jari.

Bayi 10 sampai 12 bulan

Ketika bayi mencapai usia 1 tahun, ia akan memiliki berat 3x berat lahir. Pada tahap ini, bayi menunjukkan perkembangan berupa mampu memegang benda kecil, berdiri atau berjalan tanpa bantuan, sudah mampu merespon pertanyaan, dan bisa mengemut makanan.

Untuk membuat bayi menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam masa tumbuh kembangnya. Bunda bisa memakaikan popok bayi untuknya. Popok akan membantunya bergerak dengan mudah dan tidak terganggu dengan pipis atau tinjanya.

Jangan khawatir bayi akan gatal atau ruam setelah memakai popok, ya Bunda. Saat ini telah hadir Popok Merries sebagai solusi mengatasi iritasi pada popok bayi. Lapisan anti bakterinya sangat aman untuk kulit bayi. Yuk, cari tahu informasi seputar kesehatan bayi dan penggunaan popok bayi terbaik ini di merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mari Kenali Tahapan Tumbuh Kembang pada Bayi Pada Tahun Pertama"