Mengenal Lebih Jauh Program Studi Teknik Geofisika di Universitas Pertamina

program studi teknik geofisika universitas pertamina

Bagi kamu yang tahun ini akan lulus dari tingkat SMA/sederajat dan berniat melanjutkan kuliah, pasti sedang dilema dalam menentukan jurusan yang diinginkan. Setiap universitas di Indonesia memiliki beberapa program studi yang bisa menjadi pertimbangan. Untuk itulah, cari program studi yang benar-benar sesuai dengan minat kamu.

Nah, apabila kamu mempunyai minat yang besar terhadap bumi dan keingintahuan untuk mengakaji segala sesuatu di dalamnya dengan menggunakan metode-metode fisika, mungkin jurusan teknik geofisika bisa menjadi pilihan.

Teknik Geofisika merupakan bagian dari ilmu kebumian yang menerapkan prinsip-prinsip fisika, matematika dan geologi. Didukung dengan perangkat instrumentasi dan komputasi untuk mengkaji fenomena yang berhubungan dengan solid earth, mendeteksi struktur di bawah permukaan bumi hingga memberikan solusi atas masalah-masalah lingkungan.

Salah satu universitas di Indonesia yang menyediakan program studi ini adalah Universitas Pertamina, yang masuk dalam fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi.

Program Studi Teknik Geofisika di Universitas Pertamina

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, di prodi teknik Geofisika ini kamu akan mempelajari tentang ilmu kebumian yang memanfaatkan prinsip-prinsip Fisika, Matematika dan Geologi dengan didukung perangkat instrumentasi dan komputasi untuk mengkaji fenomena dan permasalahan yang berkaitan dengan bumi padat atau solid earth.

Kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh prodi satu ini terdiri atas kunjungan industri dan pengabdian masyarakat. Jadi, kamu tidak hanya akan mendapatkan materi di dalam kelas saja, melainkan juga bisa terjun langsung ke lapangan. Seperti berkunjung ke instansi-instansi terkait atau melakukan penelitian sesuai dengan mata kuliah yang ada.

field trip program studi teknik geofisika

Beberapa contoh kunjungan industri yang dilakukan mahasiswa prodi Teknik Geofisika Universitas Pertamina ini di antaranya:

  • Field Trip dan Survey Metode Magnetotelurik, Gaya Berat, dan Geomagnetik bersama PT Pertamina Geothermal Energi Kawasan Kamojang.
  • Kunjungan Industri ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) oleh Mahasiswa Teknik Geofisika Angkatan 2017.
  • Company Visit ke Indonesia Tsunamy Early Warning System (INA –TEWS) dan Simulasi Gempa Badan Meteorologi dan Klimatologi Indonesia.
  • Dan lain-lain.

Proyeksi lulusan prodi Teknik Geofisika ini bisa menjadi ahli Geofisika dalam berbagai bidang, antara lain Bidang Geothermal (panas bumi), Bidang Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi, Bidang Pertambangan, Bidang Hidrologi dan masih banyak lagi.

Itu dia ulasan lengkap mengenai Teknik Geofisika di Kampus Energi Universitas Pertamina. Jurusan dan kampus yang tepat akan membuatmu menjalani kuliah dengan hati yang senang dan mencapai impian dengan mudah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi websitenya di universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Program Studi Teknik Geofisika di Universitas Pertamina"

List Blog Keren Rajabacklink