Bolehkah Bunda Menyusui Bayi Saat Cegukan?

Tidak perlu khawatir saat bayi tiba-tiba mengalami cegukan ya, Bunda. Sebab, kondisi ini masih normal dan bukan tergolong kondisi yang berbahaya. Cegukan pada bayi menunjukkan bahwa si kecil sedang tumbuh secara normal.

Umumnya, cegukan pada bayi terjadi ketika ia berusia di bawah satu tahun. Penyebab bayi cegukan bisa karena terlalu banyak menelan udara saat menyusu atau terjadi perubahan suhu di dalam perutnya.

Si kecil juga bisa mengalami cegukan akibat makan terlalu cepat atau terlalu banyak, yang menyebabkan diafragma bayi mengalami kontraksi dan terjadi penutupan pita suara. Bunda pasti berpikir bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi agar bisa segera hilang.

Satu pikiran yang terlintas adalah dengan menyusuinya. Namun, apa boleh si kecil disusui saat sedang cegukan? Simak penjelasannya di bawah ini! 

Bolehkah Bayi Disusui Saat Cegukan?

Cegukan pada bayi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dan tidak membahayakan tumbuh kembang si kecil. Bunda bisa memberikan ASI meskipun bayi sedang cegukan. Namun, yang perlu diingat, posisi menyusui harus tepat ketika si kecil cegukan.

Posisi menyusui yang tepat ialah menempatkan bayi dalam posisi garis lurus dengan lengannya, serta perutnya harus berhadapan dengan perut Bunda. Pastikan pula si kecil menyusu secara perlahan untuk menghindari terjadi kontraksi pada diafragmanya.

Jika si kecil menyusu dengan botol, maka Bunda perlu memerhatikan kondisi lubang dotnya. Lubang dot yang terlalu besar bisa membuat lebih banyak udara yang masuk, sehingga membuat bayi mengalami cegukan lebih lama.

Solusinya adalah memberikan botol dengan lubang dot lebih kecil, agar bayi bisa mengatur ritme menyusu dan membantunya menghilangkan cegukan. Jangan lupa atur posisi kemiringan botol yang digunakan untuk menyusui sekitar 45 derajat agar bayi tidak menelan terlalu banyak udara.

Kesimpulannya, Bunda boleh menyusui bayi ketika ia sedang cegukan. Namun, harus tetap memerhatikan posisinya saat menyusui agar tidak malah membuat cegukannya semakin lama. Cara mengatasi cegukan pada bayi selain menyusui bisa dengan menggendongnya dalam posisi tegak lurus sekitar 20 menit. Ayunkan badannya atau mengusap punggung si kecil secara perlahan.

Bunda pun harus memenuhi kebutuhan popok bayi dengan menggunakan popok Merries Premium Tape New Born. Tiga lapisan bersirkulasinya akan membuat udara di dalam popok bisa mengalir lancar dan membuat kulit si kecil bebas bernapas.

Teknologi permukaan yang bergelombang juga akan menyerap cairan secara maksimal. Informasi selengkapnya bisa Bunda cari tahu di laman merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bolehkah Bunda Menyusui Bayi Saat Cegukan?"

List Blog Keren Rajabacklink