Sinergi TNI AD dan Universitas Pertamina, Hasilkan Beasiswa Pendidikan 3T

beasiswa pendidikan 3T hasil sinergi TNI AD dan Universitas Pertamina

Sudah bukan rahasia lagi jika pemerataan pendidikan di Indonesia belum dilakukan secara maksimal. Alhasil, banyak anak-anak yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) tidak bisa mengenyam pendidikan seperti daerah lainnya.

Padahal, anak-anak tersebut merupakan calon pemimpin strategis bagi bangsa Indonesia. Dalam kegiatan Inspiring Lecture di Universitas Pertamina pada Sabtu, 4 Juni 2022, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mengatakan Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin strategis.

Beliau mengungkapkan, pemimpin strategis adalah pemimpin yang mampu mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis dan bekerja dengan orang lain untuk memulai perubahan serta menciptakan masa depan yang lebih baik.

Kerja Sama TNI AD dan Universitas Pertamina

Untuk mewujudkan pemimpin strategis di masa depan, TNI AD bersama universitas berjuluk Kampus Energi ini telah menjalin tiga kerja sama strategis. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Asisten Personel KSAD, Mayjen TNI Darmono Susastro dan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja sama Universitas Pertamina, Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS., seusai kegiatan Inspiring Lecture.

Kerja sama pertama ialah pemerataan akses pendidikan, khususnya kepada para siswa-siswi berprestasi dan kepada siswa-siswi yang tinggal di wilayah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T). Bantuan ini berupa Beasiswa Generasi Juara (BGJ) dan Beasiswa Ujung Negeri (BUN).

Kerja sama strategi kedua, ialah peningkatan pendidikan bagi prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarganya melalui berbagai beasiswa tematik di Universitas Pertamina. Diharapkan, beasiswa ini bisa mendukung TNI AD dalam mempersiapkan diri masuk ke era industri 4.0.

Terakhir, TNI AD dan Universitas Pertamina sepakat untuk bersinergi dalam program pengabdian kepada masyarakat. Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D mengatakan kerja sama strategis ini tidak hanya berpotensi memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di pelosok. Namun, juga mendorong pembangunan infrastruktur dan SDM di daerah 3T.

Beasiswa Pendidikan 3T

Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D juga mengatakan, Beasiswa Generasi Juara dan Beasiswa Ujung Negeri diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA dan sederajat yang berprestasi dan atau tinggal di lokasi 3T untuk berkuliah di Universitas Pertamina.

Beasiswa ini akan memberikan pembebasan sampai 100 persen biaya SPI dan SPP hingga maksimal 8 semester. Siswa-siswi yang berasal dari daerah 3T pun akan mendapatkan biaya transportasi, asrama, uang saku dan biaya asuransi.

Untuk informasi lebih lengkap, bisa langsung kunjungi website Kampus Teknologi Bisnis Energi di universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Sinergi TNI AD dan Universitas Pertamina, Hasilkan Beasiswa Pendidikan 3T"

List Blog Keren Rajabacklink