Yukk Ketahui Macam-Macam Soal Psikotes

Tempat kerjamu sedang melakukan open recruitment dan kamu yang bertugas membuat tes untuk calon pekerja baru? Apakah kamu saat ini bingung dalam proses pembuatan soal, khususnya psikotes online maupun offline? Tenang, artikel ini akan membantu kamu mengenali tipe-tipe soal psikotes yang sering digunakan oleh beberapa instansi pencari kerja. Yuk, simak dengan baik! 

Soal Kemampuan Verbal

Tipe soal ini menanyakan seputar sinonim, antonim, analogi, dan korelasi makna. Tipe ini juga menilai seberapa jauh seseorang memahami sebab-akibat dari suatu masalah. Soal kemampuan verbal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu masalah dan dampak yang disebabkan oleh masalah yang timbul. 

Soal Logika Aritmatika

Tipe soal logika aritmatika memiliki deretan angka yang harus dipecahkan melalui pembagian, perkalian, pengurangan, maupun penjumlahan. Peserta harus bisa melihat pola angka tersebut karena pola ini biasanya berupa loncatan, urutan atau pengelompokkan. Tes ini bertujuan untuk melatih calon karyawan dalam berhitung dan berfikir cepat. 

Soal Logika Deret Gambar (Penalaran)

Tipe yang satu ini memiliki konsep yang sama dengan logika aritmatika. Yang membedakan hanya penggunaan gambar pada soal ini. Tipe logika deret gambar akan menilai konsentrasi dan perhatian peserta. Tes ini juga mengkombinasikan angka dan gambar yang saling berkaitan. 

Soal Kraeplien/Pauli (Koran)

Tipe tes ini lebih sering dikenal sebagai tes Koran. Tes pauli adalah tes dengan menghitung sederhana. Namun tentu saja tes ini sangat membutuhkan konsentrasi, kecepatan, dan ketelitian dalam waktu yang bersamaan. Jika banyak angka bisa dijumlahkan, maka ini menunjukan bahwa peserta tersebut memiliki daya tahan yang tinggi terhadap tekanan.

Itulah beberapa tipe soal psikotes yang umum digunakan dalam tes penerimaan tenaga kerja baru. Untuk memudahkan proses recruitment, tidak sedikit perusahaan menggunakan tes psikotes online. Tentu tes ini akan lebih diminati karya efisien biaya dan waktu.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat tes ini, kamu bisa menghubungi Nirmala Satya Development. Agensi yang satu ini menyediakan aplikasi psikotes online dengan fitur lengkap. Aplikasi yang ditawarkan memiliki Hidden kamera dengan jumlah peserta yang tidak dibatasi. Jika kamu merasa tertarik dengan pelayanan Nirmala Satya Development, kamu bisa berkunjung website nsd.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Yukk Ketahui Macam-Macam Soal Psikotes"

List Blog Keren Rajabacklink