Tips Memilih Cloud Service Provider Terbaik Indonesia

cloud server data center

Cloud service provider mulai populer di kalangan pengusaha di masa pandemi ini. Mengingat pemanfaatan teknologi cloud yang bersifat efisien dan fleksibel. Cloud juga memungkinkan para pengusaha dari berbagai industri tersebut untuk bekerja kapan pun dan di mana pun.

Bukan hal yang mengherankan lagi apabila teknologi ini mampu memudahkan organisasi, supaya tetap bisa melangsungkan bisnis di masa yang bisa dikatakan tidak stabil seperti sekarang. Anda perlu mempehatikan beberapa aspek dalam memilih layanan cloud.

Sudah mulai banyak cloud service provider yang memberikan layanan cloud computing dengan berbagai keunggulan. Akan tetapi, Anda tetap perlu mempertimbangkan secara cermat dan hati-hati untuk menentukan cloud hosting berkualitas untuk organisasi.

Jika tidak sesuai, hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu Anda dan biaya bisnis secara cuma-cuma. Simak beberapa tips memilih cloud service provider untuk menjadi pertimbangan Anda berikut ini! 

Kebutuhan Organisasi

Tentunya, Anda harus memiliki tujuan mengapa beralih menggunakan cloud computing. Anda perlu mengetahui secara lebih dalam mengenai kebutuhan dan ekspektasi Anda, agar tidak membuang banyak uang dan waktu untuk layanan cloud yang tidak sesuai.

Maka, Anda harus membuat daftar tujuan terlebih dahulu sebelum menentukan penyedia cloud computing mana yang cocok dengan kebutuhan organisasi. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh terhadap harga sewa cloud server data center di Indonesia yang diperlukan. 

Performa Server

Selain menentukan tujuan, pengusaha juga perlu memperhatikan performa server atau jaringan sebelum menggunakan cloud provider.

Jika ingin mendapatkan akses cepat ke aplikasi yang tersimpan di cloud, Anda perlu mengetahui lokasi aplikasi yang disimpan di end user, jaringan pusat data cloud, dan kecepatan antar lapisan server dengan kapasitas yang digunakan. Sehingga, Anda bisa menghitung performa dari cloud service provider sebelum menggunakannya. 

Keamanan Data

Anda pun perlu memperhatikan keamanan data yang ditawarkan oleh pihak penyedia cloud service provider. Seperti apakah telah disertai firewalls, anti virus, multifactor user, enkripsi data, authentication, serta audit keamanan secara rutin atau tidak.

Hal ini sangat penting Anda lakukan agar terhindar dari serangan siber. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berdiskusi mengenai kompetensi sistem disaster recovery center jika diperlukan, demi menghindari hilangnya data akibat terjadi bencana.

Service Level Agreement (SLA)

Beberapa layanan cloud telah menawarkan SLA atau Service Level Agreement yang tinggi pada pelanggannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman layanan cloud yang terbaik. Tetapi, banyak kasus di mana SLA hanya dihitung ketika sistem layanan cloud mengalami kegagalan, bukan sewaktu berjalannya ketersediaan layanan.

Maka dari itu, Anda perlu menemukan cloud service provider yang bisa menjelaskan rencana-rencana dalam memenuhi SLA kepada para pelanggan untuk memastikan kompetensi layanan cloud tersebut. 

Memonitor Layanan dan Keamanan

Dengan menggunakan layanan cloud, maka seluruh sistem yang Anda gunakan akan dimonitor atau dipantau secara berkala oleh pihak penyedia layanan. Cara ini tidak hanya oleh sistem, melainkan biasanya penyedia juga dibantu oleh pusat operasional.

Jadi, pastikan Anda bertanya apakah penyedia layanan juga akan memantau terkait keamanan siber dan mendapatkan laporan bulanan terhadap layanan yang Anda gunakan. Sehingga, Anda bisa memastikan sendiri transparansi layanan yang diberikan oleh pihak penyedia. 

Menjamin Keamanan Data Pengguna

Pastikan bahwa cloud service provider tersebut telah mempunyai sertifikasi platform teknologi hingga sertifikasi dan standar ISO/IEC yang bisa menjamin keamanan data para penggunanya. Sehingga, data-data yang Anda miliki tidak mudah untuk disalahgunakan oleh orang lain.

Demikianlah beberapa tips memilih cloud service provider yang berkualitas dan akan membantu Anda dalam melangsungkan bisnis di tengah pandemi seperti sekarang. Salah satu penyedia layanan private cloud Indonesia terbaik adalah cbncloud.co.id.

Semua poin di atas ada pada penyedia layanan cloud satu ini. Tersedia call center juga yang akan membantu Anda selama 24 jam. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Cloud Service Provider Terbaik Indonesia"

List Blog Keren Rajabacklink