Punya Tempe di Rumah? Buat Makanan Ini Saja

Dulu banyak orang menganggap remeh menu tempe. Namun, semakin banyaknya orang yang sadar akan kandungan gizi pada makanan ini, membuat semakin banyak yang mulai menyukainya. Tapi jika tempe hanya digoreng biasa terus, pasti rasanya membosankan bukan? 

Nah, kamu bisa mengkreasikannya menjadi beragam menu, seperti tempe mendol yang merupakan makanan khas Malang, maupun kreasi lainnya. Wah tempe mendol itu makanan khas Malang? Yap, selain tempe mendol itu tentu ada makanan lainnya seperti keripik apel, air apel, pia, dan lainnya. 

Berikut ini, adalah beberapa ide kreasi makanan nikmat dari tempe: 

Tempe mendol

Untuk membuat tempe mendol kamu membutuhkan dua jenis tempe, yaitu tempe yang masih bagus atau segar dan tempe semanggit (tempe yang hampir busuk). Cara membuatnya sederhana, yaitu kamu kukus kedua jenis tempe dan campur dengan bumbu yang telah dihaluskan.

Bumbu halusnya sendiri terdiri dari bawang putih, cabai, kencur, ketumbar, daun jeruk, dan tentunya garam. Kemudian tumbuk halus dan campur dengan tepung tapioka. Setelah itu bentuk menjadi bulan dengan ukuran sesuai selera dan goreng hingga matang. 

Nugget tempe

Cara membuat nugget tempe sangat sederhana, yaitu kukus tempe hingga lunak dan kemudian haluskan. Campurkan dengan tepung tapioka dan terigu serta telur. Kamu bisa menambahkannya dengan parutan wortel, keju, daging cincang, atau lainnya sesuai selera. Setelah semua tercampur, ratakan dalam loyang dan kukus hingga 1 jam.

Dinginkan dan potong dengan ukuran sesuai selera. Masukkan potongan nugget ke dalam cairan tepung (campuran tepung dan air) kemudian balurkan ke atas tepung roti. Nugget siap untuk digoreng atau disimpan ke dalam freezer sebagai stok makananmu. 

Steak tempe

Siapa bilang steak hanya selalu terbuat dari daging saja? Kamu juga bisa loh menggunakan tempe untuk membuat steak. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan mengukus tempe hingga lunak. Haluskan tempe dan tambahkan tepung terigu. Setelah tercampur rata, masukkan bawang putih halus serta bumbu seperti garam dan gula. Campur kembali dan masukkan telur. Campur hingga semua bumbu, tepung, dan telur tercampur rata.

Bentuk tempe sesuai selera baik bentuk maupun ukurannya. Masak tempe di atas frypan anti lengket dan kamu bisa menyajikannya bersama saus favorit. Seperti lada hitam, dan sebagainya. 

Tempe mendoan

Tempe mendoan pada dasarnya adalah tempe goreng tepung, tetapi tempe ini digoreng tidak sampai kering. Meskipun tempe ini terlihat basah, bukan berarti setengah matang ya. Tempe ini tetap saja matang dan rasanya sangat nikmat.

Biasanya disajikan bersama saus kacang maupun sambal kecap. Namun kamu juga menikmatinya dengan cabai rawit jika ingin benar-benar pedas. 

Sambal tempe

Sambal tempe sebenarnya hanyalah tempe goreng biasa yang dicampurkan dengan sambal. Namun tetap saja, rasanya akan sangat berbeda dengan tempe goreng biasa jika dicocol dengan sambal.

Cara membuatnya adalah sediakan tempe goreng biasa. Kemudian ulek bawang putih, garam, dan cabai secukupnya. Sebaiknya, hindari menggunakan baawang putih terlalu banyak karena sambal ini akan dibiarkan mentah, jadi jika kamu menggunakan bawang putih terlalu banyak akan membuat raasanya terlalu kuat. Kemudian masukkan tempe dan ulek kasar. Pastikan semua bagian tempe sudah terkena sambal.

Selamat menikmati aneka makanan berbahan dasar tempe di atas!

Posting Komentar untuk "Punya Tempe di Rumah? Buat Makanan Ini Saja"

List Blog Keren Rajabacklink