Resep Ayam Goreng Lengkuas Mudah Dibuat, Tambah Sambal Lebih Nikmat!

WiklyPedia - Ayam Goreng Lengkuas, satu variasi resep klasik bagi mereka yang mencari selingan selain serundeng ataupun kremes. Soal rasa tentu tidak kalah lezatnya! Mari, kita cari tahu cara membuatnya yuk!

Sebetulnya tidaklah terlalu sulit untuk membuat ayam goreng lengkuas. Bagi yang sudah biasa membuat ayam goreng khas Indonesia, kehadiran lengkuas menjadi variasi kecil yang dapat dengan mudah diaplikasikan pada resep ayam goreng lengkuas umumya.

Namun soal rasa, terdapat perbedaan yang ternyata menyegarkan! Meski sama lezatnya dengan ayam goreng biasanya yang menggunakan serundeng, tapi kehadiran lengkuas jelas memberikan warna yang berbeda.

Seperti biasa, marinasi terlebih dahulu daging ayam dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, gula, dan garam. Tambahkan lengkuas dan air asam jawa. Diamkan saja selama kurang lebih setengah jam agar seluruh rasa saling berkenalan dengan baik.

Setelahnya, rebus ayam bersama berbagai bumbu serta Kaldu Ayam. Setelah matang merata, maka ayam siap untuk digoreng. Secara sendirinya, ayam goreng ini sudah memiliki cita rasa lengkuas. Namun tidak hanya di situ saja, teman-teman. Sisa bumbu halus tadi masih bisa dimanfaatkan. Cukup digoreng sejenak saja, maka jadilah semacam serundeng lainnya namun terbuat khususnya dari lengkuas.

Apa yang kurang coba? Betul, sambal yang berjodoh dengan ayam goreng! Jangan lupa menyiapkan sambal dengan cocolan Bango Kecap Manis ya, teman-teman. Kalau kamu yang lebih suka sambal kecap, bisa menggunakan juga Bango Kecap Manis Pedas. Pokoknya banyak cara deh untuk menikmati ayam goreng lengkuas yang sedap ini. Pastinya, tambahkan nasi hangat agar lebih nikmat! 

Bahan-bahan yang diperlukan: 

Bahan utama 

  • 800g daging ayam tanpa kulit, potong delapan bagian 
  • 125g lengkuas, parut kasar 
  • 1 sdm air asam jawa 
  • 500 ml air 
  • 3 lembar daun salam 
  • 2 batang serai 
  • 1 sdm Kaldu Ayam 
  • 3 sdm minyak, untuk menumis 
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng 

Bumbu halus 

  • 8 butir bawang merah 
  • 5 siung bawang putih 
  • 5 butir kemiri, sangrai 
  • 1 sdm kunyit bubuk 
  • 1 sdt ketumbar bubuk 
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1 sdt garam 

Cara membuat

  1. Bumbui daging ayam dengan bumbu halus, lengkuas, dan air asam jawa. Diamkan hingga meresap selama sekitar 30 menit. 
  2. Panaskan minyak, masukkan daging ayam beserta bumbunya. Masukkan air, daun salam, serai, dan Kaldu Ayam. Masak hingga air menyusut sambil sesekali diaduk agar daging ayam matang merata. Angkat. 
  3. Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sisihkan. 
  4. Goreng sisa bumbu halus hingga kecokelatan. Angkat, tiriskan. Taburi bumbu lengkuas ke atas daging ayam. Sajikan. 

Supaya rasa ayam goreng lengkuas Kamu jadi lebih enak, segar, dan pastinya kaya akan nutrisi. Kamu dapat belanja di TaniHub. Tak hanya ayam saja, di TaniHub Kamu dapat juga membeli buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako.

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran promo – promo menarik tiap harinya.

Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat.

Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub!

---

Sumber: https://www.masakapahariini.com/resep/resep-ayam-goreng-lengkuas/

Posting Komentar untuk "Resep Ayam Goreng Lengkuas Mudah Dibuat, Tambah Sambal Lebih Nikmat!"

List Blog Keren Rajabacklink