Cara Memanfaatkan Akun Instagram Untuk Promosi Jualan Online

Tahun 2021, Instagram mengumumkan bahwa komunitas bisnisnya telah berkembang menjadi belasan juta pengiklan. Mulai dari brand besar hingga toko lokal kecil, segala jenis usaha di seluruh dunia mendapatkan hasil nyata dengan Instagram.

Dari laporan terbaru, sebanyak 75% pengguna Instagram mengunjungi website atau melakukan pembelian produk setelah melihat iklan di Instagram. Hal ini bisa menjadi peluang Anda para reseller untuk memaksimalkan Instagram sebagai media marketing bisnis.

Berikut tips cara berjualan di Instagram dari berbagai riset yang telah dilakukan. Simak baik-baik, ya! 

Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda

Profil instagram bisa dikatakan telah menjadi homepage baru bagi sebuah bisnis. Sebab, sebagian besar konsumen memilih Instagram untuk melihat brand dibandingkan dengan Google. Itu berarti, Anda harus mengorbankan banyak waktu dan usaha untuk membuat feed Instagram Anda lebih enak dipandang seperti ketika membuat homepage sebuah website.

Profil bisnis Instagram Anda harus memiliki foto profil, bio yang bagus, dan link menuju toko Anda. Foto profil harus menggunakan foto yang relevan dengan brand Anda, seperti logo atau foto yang membuat toko Anda mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

Bio di Instagram sangatlah penting. Anda harus menyertakan deskripsi yang jelas tentang bisnis yang Anda jalankan. Supaya, konsumen bisa yakin jika bisnis Anda bukanlah bisnis tipu-tipu.

Bagian URL biografi bisa Anda isi dengan link atau tautan menuju homepage Anda di website. Dengan begitu, konsumen hanya perlu meng-klik tautan tersebut dan langsung diarahkan ke tampilan homepage bisnis Anda.

Hal ini berguna untuk mengarahkan traffic dari setiap post dan story Anda. Tautan URL yang unik juga bisa Anda manfaatkan untuk melacak visit ke homepage Anda dari Instagram. 

Membuat Instagram Stories Dengan Link Produk

Fitur Instagram Stories ternyata memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif harian, lho! Peluang ini sangat sempurna bagi bisnis yang ingin terlibat dengan audiens atau konsumen secara lebih personal. Banyak brand yang menggunakan fitur satu ini untuk merekam produk mereka, mempromosikan penawaran spesial, atau menampilkan produk yang baru launching.

Pada tahun 2017, Instagram memberi fasilitas kepada pengguna yang memiliki 10.000 followers atau lebih untuk bisa menambahkan tautan ke Instagram Stories. Tentu hal ini semakin membantu Anda untuk menjual produk, mengarahkan traffic, dan sebagainya.

Ketika menambahkan tautan atau link ke Instagram Stories, Anda akan melihat sebuah panah kecil dilengkapi dengan teks ‘See More’ di bagian bawah gambar. Karena tulisannya kecil dan bisa saja luput dari perhatian, Anda bisa menambahkan teks atau stiker yang mengarahkan pengguna untuk ‘Swipe Up’ untuk menambah visibilitas konsumen.

Begitulah beberapa cara memanfaatkan akun Instagram Anda sebagai ajang promosi jualan online. Segera optimalkan penggunaan Instagram untuk meningkatkan pundi-pundi uang yang masuk ke rekening Anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan Akun Instagram Untuk Promosi Jualan Online"