Tanya SehatQ: Badan Terasa Panas, Apakah Tanda Covid-19?

Ketika badan terasa panas terutama di bagian hidung tentu sangat meresahkan. Ada berbagai spekulasi yang hadir di kepala anda mengapa hidung jadi terasa panas. Bisa saja anda menganggap hal tersebut sebagai flu biasa atau mungkin saja sedang terjangkit virus Covid-19? 

Hidung terasa panas bisa terjadi pada siapa saja dan penyebabnya juga berbagai macam. Biasanya tidak hanya panas tapi disertai dengan sensasi terbakar pada bagian hidung. Karena terjadi infeksi, reaksi alergi hingga penyebab iritasi lainnya. 

Biasanya tidak hanya pada hidung tapi juga terjadi di bagian mata tenggorokan dan saluran sinus. Lingkungan dan cuaca menjadi salah satu penyebab mengapa munculnya sensasi panas pada bagian organ penciuman. 

Penyebab Hidung Terasa Panas

Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa penyebab hidung terasa panas baik dari segi waktu hingga lingkungan. 

  • Rhinitis atau alergi yang dipicu oleh debu dan juga serbuk sari. 
  • Rhinitis non alergi yang disebabkan polusi udara, aroma tertentu, perubahan cuaca hingga bahan kimia. 
  • Sinusitis 
  • Flu 
  • Influenza 
  • Infeksi tenggorokan 
  • Infeksi hidung 
  • Infeksi paru-paru 
  • Obat antihistamin 
  • Obat dekongestan 
  • Asap rokok 
  • Formaldehida 
  • Klorin 
  • Gas hidrogen klorida 

Apakah Harus Konsultasi Ke Dokter?

Saat badan terasa panas terutama di bagian hidung maka gejala ini bisa saja ditangani. Namun jika gejala tidak kunjung sembuh setelah satu minggu lebih, maka anda bisa langsung konsultasi ke dokter. Pastikan anda mendapatkan penanganan dokter lebih cepat. Apalagi jika hidung yang terasa panas disertai pula dengan beberapa gejala penyerta.

Seperti misalnya demam tinggi, sulit bernafas, gatal-gatal, sakit tenggorokan, pusing, pingsan, detak jantung terasa cepat dan terdapat darah dalam cairan hidung. 

Beberapa pasien yang mengalami hal ini mungkin khawatir dirinya terpapar virus Corona. Untuk itu, Anda bisa lakukan penanganan dengan telepon pihak rumah sakit untuk memastikan apakah bisa mengunjungi fasilitas kesehatan yang ada. 

Jika anda di diagnosa positif Covid-19, maka sebaiknya ikuti langkah selanjutnya yang disarankan dokter. Hal ini ini tentu saja untuk memberi perlindungan kepada diri sendiri, keluarga dan juga orang-orang yang ada disekitar. 

Itu tadi beberapa penjelasan seputar badan terasa panas terutama bagian hidung hingga organ penciuman lainnya. Memang ketika tubuh mengalami gangguan maka anda harus peka dan tidak membiarkan kondisi semakin parah. 

Apalagi di zaman sekarang di mana semakin banyak virus bermunculan dan Anda harus mempersiapkan imun agar tidak mudah terjangkit virus yang mematikan. Terutama bagi Anda yang selalu bekerja di luar rumah, harus perhatikan protokol kesehatan dan gunakan pakaian yang safety agar tidak mudah terpapar virus di luar sana. 

Dapatkan informasi terupdate mengenai kesehatan dan juga penyakit hanya di website kesehatan keluarga SehatQ. Di website ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar artikel kesehatan dan juga direktori penyakit. Informasi penyakit apa saja yang anda perlukan, terdapat berbagai informasi lengkap di dalamnya. Mulai dari gejala, penyebab hingga proses penyembuhan. 

SehatQ menghadirkan fitur yang membantu Anda menanyakan berbagai keluhan seputar penyakit yang diderita. Pertanyaan yang anda ajukan ini gratis dan akan langsung dijawab oleh dokter ahli di bidang masing-masing. 

Selain itu, SehatQ memudahkan anda untuk pembelian berbagai obat karena terdapat toko obat online SehatQ. Obatnya lengkap dan harganya juga terjangkau. Anda bisa kunjungi platform kesehatan keluarga Indonesia ini, baik melalui website ataupun aplikasinya.

Posting Komentar untuk "Tanya SehatQ: Badan Terasa Panas, Apakah Tanda Covid-19?"