Apa itu Konsep Aglomerasi dalam Ilmu Geografi?

WiklyPedia - Geografi menurut bahasa Inggris adalah Geography, diambil dari pernyataan Erastothenes dalam bahasa Yunani, yakni ‘Geographia’. Terdiri dari kata Geo atau earth dan Grapho atau to write. ‘Geographia’ berarti to write about earth.

Menurut Marhadi, sudut pandang geografi terhadap suatu gejala atau fenomena yang ada di permukaan bumi, memerlukan sejumlah konsep-konsep dasar dan esensial yang saling berkaitan. Suharyono dan Moch. Amien menyebutkan, terdapat sepuluh konsep geografi yang salah satunya adalah konsep aglomerasi. 

Pengertian dan Contoh Konsep Aglomerasi

Konsep satu ini diartikan sebagai suatu pengelompokan berbagai aktivitas manusia dalam hal beradaptasi dengan lingkungannya. Seperti pemukiman, aktivitas pertanian, dan lain-lain.

Pengertian lainnya dari konsep aglomerasi adalah kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok dalam satu wilayah yang relatif sempit serta adanya faktor-faktor umum yang menguntungkan.

Contoh, adanya kecenderungan pengelompokan tempat tinggal di kota bagi orang-orang perantau dari daerah yang sama, pengelompokan pemukiman pada kawasan pertanian atau yang dekat dengan wilayah perairan, serta yang paling mudah untuk ditandai adalah orang-orang kaya akan tinggal di kawasan atau pemukiman elit sedangkan orang miskin tinggal di daerah yang kumuh.

Saat kita belajar Geografi, pola aglomerasi penduduk dibedakan menjadi tiga, yaitu pola mengelompok, pola tersebar acak dann pola tersebar teratur.

Pada masyarakat pedesaan, mereka cenderung akan bergerombol di tanah datar yang subur. Semakin subur tanahnya, maka semakin luas dataran atau besar desa serta jumlah penduduknya.

Namun, apabila makin terbatas tanah dan kurang subur, penduduk dukuh atau desa akan semakin kecil dan letaknya terpenncar.

Salah satu manfaat atau keuntungan yang didapat dari adanya aglomerasi penduduk yang padat adalah memungkinkannya pengembangan sistem ekonomi aglomerasi yang memanfaatkan jumlah penduduk yang banyak sebagai daerah pemasaran atau pelayanan namun wilayahnya sempit.

Hal tersebut akan membuat efisiensi dalam produksi serta pengangkutan barang maupun pengadaan sarana-sarana pelayanan umum semakin tinggi. Ekonomi aglomerasi artinya penghematan yang dilakukan akibat menurunnya biaya rata-rata produksi atau pemberian jasa.

Nah, demikianlah pengertian dan contoh dari konsep aglomerasi yang merupakan bagian dari sepuluh konsep yang ada pada ilmu geografi. Artikel Geografi lainnya bisa Anda dapatkan di https://www.geografi.web.id/. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kalian, ya!

Posting Komentar untuk "Apa itu Konsep Aglomerasi dalam Ilmu Geografi?"