8 Cara Mencegah ISPA Akibat Polusi Udara, Pasti Ampuh!

cara mencegah ISPA akibat polusi udara
source: Pexels

Pernahkah Anda mengkhawatirkan kesehatan pernapasan? Anda tidak sendirian, karena Kemenkes RI telah melaporkan adanya peningkatan kasus ISPA akibat polusi udara yang semakin memburuk. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda mengetahui cara mencegah ISPA dan mulai mempertimbangkan asuransi kesehatan keluarga terbaik.

Dengan mengupayakan pencegahan ISPA dan memiliki asuransi kesehatan, itu artinya Anda telah melindungi hal terpenting dalam hidup Anda sendiri sekaligus orang terkasih Anda.

Maka dari itu, artikel ini akan menunjukkan cara yang perlu Anda lakukan sebagai langkah penanggulangan.

8 Cara Mencegah ISPA dengan Mudah

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan 1 dari 10 penyakit dengan penderita terbanyak di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan Indonesia. 

Melansir dari RRI, kasus ISPA terus meningkat hingga tembus 200 ribu kasus per tahun 2023 lalu. Dirangkum dari berbagai sumber, Anda perlu melakukan beberapa upaya di bawah ini.

1. Kenakan Masker Saat Keluar Rumah

Tidak hanya pada masa pandemi COVID-19 saja, Anda harus menggunakan masker saat keluar rumah untuk melindungi diri dari paparan polusi udara. Sebab, masker dapat menyaring partikel berbahaya yang berisiko terhirup ke saluran pernapasan Anda.

2. Utamakan Olahraga dalam Ruangan

Usahakan berolahraga di dalam ruangan, seperti di rumah atau pusat kebugaran. Namun, jika Anda tetap ingin berolahraga di luar rumah, maka Anda harus mengecek Indeks Kualitas Udara (AQI) terkini, misalnya di IQAir.

3. Selalu Hidrasi Tubuh Anda

Cara mencegah ISPA berikutnya adalah dengan memanfaatkan air. Yap, air berguna untuk menjaga kelembaban saluran pernapasan Anda. Jadi, minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Hindari Orang yang Bergejala ISPA

Penyebaran penyakit ISPA paling besar terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang menunjukkan gejala ISPA. Dengan demikian, Anda harus menjaga jarak aman agar tidak tertular.

5. Mencuci Tangan Secara Teratur

Pastikan Anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah beraktivitas dan sebelum menyantap makanan. 

Tujuannya tentu saja untuk menghindari transfer kuman dan virus dari tangan ke tubuh Anda. Sebaiknya, Anda tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor.

6. Mandi Setelah Bepergian

Cara mencegah ISPA selanjutnya adalah dengan mandi. Mandi setelah bepergian dapat menghilangkan partikel polutan udara yang menempel pada kulit dan pakaian Anda.

7. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Makanan yang kaya akan nutrisi berguna sebagai benteng pertahanan kokoh yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Pasang Alat Pembersih Udara

Pertimbangkan untuk menginvestasikan uang Anda dalam membeli pembersih udara atau air purifier. Alat tersebut dapat menyaring udara secara efektif agar udara di tempat tinggal Anda menjadi berkualitas.

Cara Mencegah ISPA Mudah, Bukan?

Dalam kesimpulannya, mengadopsi beberapa cara mencegah ISPA di atas dapat membantu Anda melindungi diri dan keluarga dari risiko-risiko mematikan. Selalu perhatikan informasi terbaru dari pemerintah dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala ISPA yang serius.

Selain itu, Anda juga bisa mulai menjadi bagian dari salah satu program FWD Insurance yang mana merupakan asuransi kesehatan keluarga terbaik yang siap menjaga Anda dan keluarga dari berbagai kondisi darurat medis. 

Mulai dari tes diagnostik hingga pemeriksaan pasca operasi, semua pelayanan kesehatan tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Posting Komentar untuk "8 Cara Mencegah ISPA Akibat Polusi Udara, Pasti Ampuh!"

List Blog Keren Rajabacklink