16 Daftar Saham Murah Jangka Panjang yang Bisa Dicoba

Saham Murah Jangka Panjang

Apa yang dimaksud dengan saham murah? Apakah artinya saham tersebut dapat dibeli dengan rentang harga yang benar-benar ‘murah’, misalnya seribu hingga sepuluh ribu rupiah.

Ternyata maksud dari saham murah bukan itu, lho! Melainkan saham tersebut punya valuasi harga yang rendah.

Singkatnya, valuasi saham adalah value atau nilai atas saham. Harga sebuah saham dapat dilihat murah atau tidak berdasarkan valuasinya.

Namun, bukan berarti harga saham yang rendah dianggap tidak berkualitas. Hal tersebut dapat dilihat dari valuasi dan kinerjanya.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Apakah kalian berminat untuk membeli saham? Maka, perhatikan beberapa hal penting sebelum membeli saham.

Pastikan kalian punya akses untuk mengadakan penjualan dan pembelian saham. Bagi pemula, berikut adalah cara membeli saham yang bisa dicoba!

1. Pilih Perusahaan Sekuritas

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memilih perusahaan sekuritas dimana kalian akan mengadakan transaksi saham.

Perusahaan sekuritas bisa disebut sebagai ‘perantara; antara penjual dan pembeli saham. Pastikan juga perusahaan sekuritas yang dipilih terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya!

2. Membuka Rekening Dana Nasabah

Rekening Dana Nasabah adalah rekening khusus yang dimiliki para investor saat melakukan jual-beli di pasar modal.

Persiapan untuk membuka rekening dana nasabah adalah NPWP, KTP, dan foto depan buku tabungan.

3. Setor Deposit ke Rekening Dana Nasabah

Cara membeli saham dapat dimulai dengan menyetor sejumlah uang ke nomor Rekening Dana Nasabah (RDN). nominalnya sesuai dengan harga saham yang hendak dibeli.

4. Transaksi Saham Lewat Aplikasi

Setelah pendaftaran RDN selesai, kalian akan mendapatkan username dan password untuk akses aplikasi trading saham. Melalui aplikasi tersebut, kalian punya kesempatan untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham.

5. Amati Pergerakan Pasar

Apakah setelah membeli saham cukup diam saja? Tentu saja tidak! Investor disarankan untuk terus memantau dan mengamati pergerakan pasar. Kalian bisa memanfaatkan situs berita terbaru atau media sosial yang membahas tentang pergerakan harga saham.

Setelah mengetahui cara membeli saham bagi pemula, selanjutnya adalah pembahasan tentang daftar saham murah yang bisa kalian coba!

16 Daftar Saham Murah Jangka Panjang

Perlu diingat kalau ‘saham murah’ bukan berarti harganya benar-benar murah, yang dilihat adalah valuasi dan kinerjanya.

Sebaliknya, saham yang harganya terjangkau, bukan berarti tidak berkualitas dan ‘murahan’.

Berikut adalah daftar saham dengan harga terjangkau yang bertahan dalam jangka waktu panjang. Silahkan dipertimbangkan untuk memilih saham berikut:

  • INCO (PT Vale Indonesia Tbk)
  • ADRO (PT Adaro Energy Tbk)
  • SMGR (PT Semen Indonesia (Persero) Tbk)
  • ICBP (PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk)
  • UNVR (PT Unilever Indonesia Tbk )
  • ASII (PT Unilever Indonesia Tbk)
  • TINS (PT Telekomunikasi Indonesia International Tbk)
  • BMRI (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk)
  • BBCA (PT Bank Central Asia Tbk)
  • TLKM (PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk)
  • ESSA (PT Surya Esa Perkasa Tbk)
  • HRUM (PT Harum Energy Tbk)
  • JKON ( PT Jaya Konstruksi Tbk)
  • MPMX (PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk)
  • PNBN (PT Bank Pan Indonesia Tbk)
  • PTPP (PT PP Tbk)

5 Kriteria Saham yang Bagus

Memilih saham tentu saja harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Pemilihan rekomendasi saham di atas dipertimbangkan karena kriteria tertentu yang dianggap baik.

Contoh kriteria saham yang baik dan dapat digunakan investor pemula untuk melakukan penilaian di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Valuasi Saham yang Wajar

Apa yang dimaksud dengan valuasi saham yang wajar? Valuasi saham yang wajar biasanya dijadikan patokan untuk menilai apakah saham tersebut sebaiknya dibeli atau tidak. Penilaian valuasi saham dapat ditemukan melalui beberapa rasio.

Apabila rasio-nya sangat tinggi, maka saham tersebut dapat overvalued dan tidak direkomendasikan untuk dibeli, meski kinerja saham tersebut sangat bagus.

2. Pemegang Saham yang Kredibel

Kredibilitas adalah salah satu kriteria penting saat memilih saham. Upayakan untuk memilih perusahaan yang sahamnya dikendalikan oleh pihak terpercaya dengan reputasi yang bagus.

Hindari memilih pemegang saham yang terlibat masalah dan informasi tentang kepemilikan saham dapat diakses melalui laporan tahunan dan laporan keuangan.

3. Perusahaan Bertumbuh dengan Positif

Kriteria selanjutnya yang tidak kalah penting adakah pertumbuhan industri yang positif dari perusahaan terkait.

Dalam hal ini, kalian direkomendasikan untuk memilih perusahaan dengan pertumbuhan industri yang positif.

Pastikan saham yang kalian berasal dari perusahaan dengan prospek yang baik dan berkembang. Sebab, manajemen yang baik belum cukup untuk mendorong kemajuan perusahaan jika industrinya tidak bertumbuh.

4. Manajemen yang Mumpuni

Namun, bukan berarti manajemen perusahaan dianggap tidak penting, ya! Manajemen adalah kunci kesuksesan sebuah perusahaan.

Para investor harus melihat kinerja dan kualitas manajemen perusahaan yang hendak diberikan investasi. Perusahaan akan terus berkembang jika didorong oleh manajemen yang mumpuni dan kompeten.

5. Kinerja Keuangan

Laporan keuangan perusahaan dapat dijadikan sebagai aspek penilaian yang penting. Sebab, kinerja keuangan yang baik menunjukkan bahwa perusahaan tersebut stabil dan konsisten untuk terus berkembang. Contoh kinerja keuangan dapat kalian lihat dari laporan arus kas, neraca, dan laba rugi.

Beresin Semua Kebutuhan Marketing Bisnis Anda dengan Jasa Panggilin

Aplikasi Panggilin

Selain perusahaan yang memiliki saham harus bekerja dengan baik, bisnis konvensional pun juga haruslah demikian juga.

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang kebingungan untuk mengurus bisnisnya dari hulu ke hilir sehingga makin sulit untuk fokus melakukan ekspansi.

Tapi jangan khawatir, sebab kini telah hadir Jasa Panggilin yang menghadirkan layanan untuk mengoptimalkan sekaligus #BeresinSemua urusan marketing dan product campaign yang Anda miliki.

Jadi, Anda bisa fokus pada core bisnis terutama jika hendak melakukan ekspansi tanpa perlu khawatir akan terdistraksi.

Apalagi kini Panggilin hadir dengan berbagai pilihan jasa yang makin lengkap untuk meningkatkan penghasilan bisnis Anda mulai dari jasa talent marketing (KOL, Influencer, Modelling, Host live) hingga growth hacking (review apps, participant, boost giveaway, akuisisi KYC).

Selain itu, Panggilin juga menyediakan jasa market research (Survei online dan offline, FGD Influencer), serta Manage service (background checking personal dan company serta canvassing sales).

Semua layanan dari Panggilin ini tentu aman karena aktivitas 100% human yang terverifikasi dari KTP dan captcha, cepat tanggap, pelayanan profesional dengan report valid serta garansi achieve target.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk #BeresinSemua urusan marketing dan bisnis Anda hanya dengan Panggilin!

Posting Komentar untuk "16 Daftar Saham Murah Jangka Panjang yang Bisa Dicoba"

List Blog Keren Rajabacklink