Sederet Dampak Buruk Ketika Tidak Mau Membayar Zakat

Tidak hanya penting bagi umat muslim untuk mengetahui manfaat zakat, namun juga penting untuk paham apa akibatnya jika tidak mau membayar zakat. Berzakat sendiri merupakan kewajiban bagi umat Islam sebagai bagian dari ibadah.

Nah, bagaimana jika ada umat muslim yang mampu tapi tidak mau membayar zakat? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Menanggung Beban Berupa Dosa


Saat ada seseorang yang sebenarnya mampu untuk menunaikan zakat, tetapi tidak mau melakukannya. Maka, secara otomatis, orang tersebut akan menanggung dosa jika dilihat dari segi agama.

Dosa akan selalu mengiringi perjalanan hidup orang tersebut. Oleh sebab itu, sebabgai umat yang taat, kita harus melakukan perintah Allah dengan patuh, termasuk mengenai zakat fitrah maupun zakat maal.

Menanggung Hutang Karena Tidak Menunaikan Kewajiban

Sama seperti bentuk tanggung jawab pada umumnya. Selain dosa, mereka yang tidak melaksanakan zakat pada waktunya, maka mereka telah menanggung hutang. Beban ini akan semakin berat apabila terlewatkan dalam jangka waktu lama dan tidak segera bertaubat.

Menurut Syekh Yusuf al-Qaradhawi, tidak membayar zakat tetap akan menjadi hutang yang harus segara terbayarkan meskipun menunggak. Anggapan ini menjadi semakin kuat karena pendapat dari ulama dari mazhab Hambali bernama Ibnu Qudamah al-Maqdisi.

Merasa Selalu Was-was

Rasa was-was dapat menimpa siapa saja. Perasaan ini muncul akibat tidak menunaikan kewajiban untuk membayar zakat. Rasa ini akan selalu timbul kepada mereka yang tidak berkenan membayar zakat hingga bertahun-tahun lamanya.

Perasaan seperti ini biasanya muncul dari dalam diri seseorang karena menanggung beban dosa, sekaligus merasa beban sosial dari sudut pandang masyarakat umum. Terutama untuk orang yang ternilai sangat mampu untuk menunaikan zakat.

Menghambat Kesejahteraan Kaum Dhuafa

Kaum dhuafa atau mustahik merupakan sosok yang paling merasa rugi saat seseorang tidak mau menunaikan zakat. Akhirnya, kesejahteraan kaum mustahik pun terhambat karena kurangnya bantuan dari orang-orang mampu tersebut.

Selain tidak dibenarkan secara sosial kemasyarakatan, mereka yang enggan melakukan zakat akan mendapatkan balasan di akhirat jika tidak sempat bertaubat sampai meninggal dunia. Balasan tersebut bisa berupa siksaan yang sangat pedih.

Demikianlah beberapa dampak buruk ketika seorang muslim tidak mau menunaikan kewajibannya dalam berzakat. Jika kita sudah memenuhi syarat sebagai muzzaki, sebaiknya kita segera melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan.

Kita bisa berzakat melalui lembaga amil zakat yang resmi seperti BSI Maslahat. Hal ini bertujuan agar zakat yang kita tunaikan bisa tepat sasaran sehingga mampu membantu menyejahterakan masyarakat yang membutuhkan.

Demi memudahkan para muzzaki yang ingin membayar zakat maal, BSI Maslahat menghadirkan platform donasi online bernama GoAmal.org. Tidak hanya zakat, banyak kegiatan donasi yang bisa kita lakukan dengan menggunakan paltform tersebut.

Dengan hadirnya GoAmal - Beramal dengan Maksimal dari BSI Maslahat, berzakat terasa lebih mudah dan tenang.

Posting Komentar untuk "Sederet Dampak Buruk Ketika Tidak Mau Membayar Zakat"

List Blog Keren Rajabacklink