Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

kuota internet

Kebutuhan paket data internet sudah menjadi pengeluaran bulanan yang wajib dipenuhi. Apalagi, jika kita sedang melakukan WFH (Work From Home) atau sekolah online, yang pastinya harus menggunakan koneksi internet.

Paket data atau kuota internet merupakan suatu hal yang murah untuk dibeli. Itulah alasan mengapa banyak orang yang menghemat pemakaiannya seminim mungkin agar tidak boros.

Berikut ini adalah beberapa cara atau tips menghemat kuota internet yang bisa kita lakukan, berlaku untuk semua provider. Simak baik-baik, ya! 

Batasi Penggunaan Kuota Internet

Sering kali kita merasa paket data cepat habis, penyebabnya adalah penggunaan data yang tidak terkontrol. Oleh sebab itu, aturlah penggunaan paket data internet. Pada ponsel Android, biasanya memiliki fitur tersendiri untuk membatasi penggunaan kuota.

Fitur tersebut akan mengirimkan peringatan kepada kita apabila terlalu banyak menggunakan data atau melebihi batas minimum. Jika batas penggunaan data terlampaui, secara otomatis paket data internet akan terputus. 

Gunakan Wi-Fi Untuk Pembaruan Aplikasi

Tips selanjutnya ialah dengan melakukan pembaruan aplikasi melalui jaringan Wi-Fi. Smartphone memiliki sistem untuk memperbarui perangkat, bahkan secara otomatis. Biasanya, akan muncul peringatan untuk update aplikasi seminggu atau sebulan sekali.

Apabila hanya satu aplikasi yang diperbarui menggunakan paket data, mungkin tidak terlalu terasa. Namun, jika ada belasan atau puluhan aplikasi yang membutuhkan pembaruan dalam waktu hampir bersamaan, tentunya akan menyita banyak kuota. Jadi, aturlah pembaruan atau update aplikasi hanya melalui Wi-Fi. 

Batasi Penggunaan Data Background

Salah satu cara menghemat kuota yang perlu diketahui adalah dengan mematikan penggunaan data di background di menu settings atau pengaturan. Berikut caranya: 

  • Klik ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ 
  • Kemudian, pilih ‘Data Usage’ 
  • Tap tiga garis vertical yang berada di kanan atas 
  • Lalu, pilih ‘Restrict Background Data’ 
  • Terakhir, klik OK 

Hindari Unduh Media Otomatis

Biasanya, dalam aplikasi chat seperti WhatsApp, kita sering mendapatkan kiriman media, baik berupa gambar maupun video. Ubahlah pengaturan unduh media otomatis menjadi ‘no media’.

Dengan pengaturan semacam ini, kuota internet tidak akan terpakai sia-sia hanya untuk mengunduh media secara otomatis. Selain menghemat kuota, pengaturan tersebut juga bisa menghemat memori penyimpanan, lho!

Itulah beberapa tips menghemat kuota internet agar tidak boros. Lebih hemat lagi jika menggunakan provider Live.On. Sebab, kuota yang mungkin masih tersisa di bulan ini, tidak akan hangus dan bisa digunakan di bulan berikutnya setelah isi ulang.

Apalagi, banyak promo kuota internet yang pastinya tidak membuat kantong kering. Informasi selengkapnya bisa dilihat di liveon.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros"

List Blog Keren Rajabacklink