Wajib Tahu! Inilah Strategi Awal Memulai Usaha dengan Modal Kecil

strategi awal memulai usaha dengan modal kecil

Sebagian besar orang takut untuk memulai sebuah bisnis. Salah satu alasannya ialah karena takut tidak mampu mengelola dengan baik dan berujung pada kegagalan.

Padahal, dengan menggunakan strategi-strategi yang tepat, kita masih berkemungkinan besar untuk bisa mengembangkan bisnis dan menjadi sukses di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa strategi awal dalam memulai usaha dengan modal yang kecil. Yuk langsung kita simak bersama!

Menentukan Jenis Bisnis dan Lakukan Riset Pasar

Banyak ragam jenis bisnis yang bisa kita jalani, mulai dari barbershop, franchise kuliner, jasa laundry dan sebagainya. Namun ingat, apapun bisnisnya kita wajib melakukan riset pasar terlebih dahulu. Terlebih jika kita memulainya dengan menggunakan modal yang minim.

Dengan melakukan riset pasar, kita jadi lebih paham mengenai peluang usaha yang kini tengah masyarakat sekitar butuhkan, menentukan siapa saja kompetitor kita, juga mendapatkan referensi bagaimana cara mengelola bisnis di tengah persaingan yang semakin ketat.

Mengalokasikan Modal Bisnis dengan Tepat

Selanjutnya, kita perlu mengalokasikan modal bisnis dengan tepat. Terdapat dua jenis modal yang harus diperhatikan. Pertama, capital expenses di mana modal akan digunakan untuk membeli peralatan, kendaraan atau perlengkapan bisnis.

Yang kedua ialah operational expenses, mencakup sewa tempat, biaya listrik dan telepon, gaji karyawan dan sebagainya. Apabila mengalokasikan modal bisnis dengan tepat, maka kita akan mudah dalam mengoperasikan bisnis secara lebih efisien.

Menentukan Lokasi Usaha

Tak kalah pentingnya adalah menentukan lokasi usaha. Semakin strategis tempat usaha kita, semakin mudah orang-orang untuk menemukannya. Namun, biasanya lokasi yang strategis juga memiliki biaya sewa yang mahal.

Jika memiliki modal yang minim, sebaiknya memulai usaha rumahan terlebih dahulu seperti katering, di mana kita bisa memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat pembuatan dan penjualannya. Tawarkan pula produk kepada tetangga-tetangga sekitar rumah. Hal ini bisa membantu mempromosikan bisnis kita melalui cara word of mouth (mulut ke mulut).

Melakukan Promosi Lewat Media Sosial

Selain promosi dengan cara word of mouth, memanfaatkan media sosial juga merupakan cara ampuh dalam memasarkan produk kita. Buat konten yang unik agar para pelanggan bisa tertarik untuk melihat-lihat apa saja produk dari bisnis yang kita geluti.

Jika mengandalkan Instagram sebagai media promosi, kita bisa mengoptimalkan Instagram Ads untuk menggaet para pelanggan baru.

Nah, itu dia beberapa strategi awal dalam memulai sebuah usaha dengan modal kecil. Strategi ini juga berlaku untuk membuka franchise minuman atau kuliner lainnya. Agar konsepnya lebih matang, kita bisa bermitra bersama franchisekuliner.id.

franchise kuliner hungrypedia

Banyak sekali keuntungan yang kita dapat dengan bermitra dengan perusahaan franchise terbaik ini, mulai dari pendampingan oleh tim bisnis kuliner yang andal, konsep menu dan outlet yang kekinian, mitra mendapatkan 100% keuntungan penuh dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera bergabung bersama franchisekuliner.id!

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Inilah Strategi Awal Memulai Usaha dengan Modal Kecil"