Kelebihan Sekolah Online Yang Harus Dipahami Masyarakat

Kelebihan Sekolah Online

Sejak tahun 2020 lalu, sekolah di setiap jenjang di Indonesia melakukan pilihan sekolah online atau daring hingga saat ini. Meski banyak pro kontra tentang sekolah daring ini, namun nyatanya sejak 2020 sudah dilaksanakan oleh semua sekolah untuk memutus rantai virus Corona di sekolah. Perlu diketahui bahwa memilih sekolah daring ternyata banyak keuntungan dari sisi positifnya dibanding dari sisi negatif.

Jika dibandingkan dengan sekolah offline, banyak kelebihan yang diberikan oleh sekolah secara daring ini. Berikut beberapa keuntungan dari belajar secara daring. 

Mudah Di Akses

Tentu saja karena anak-anak belajar secara online maka media yang diakses tentu saja adalah internet. Pembelajaran secara online ini, sangat mudah karena semuanya bisa diakses tidak hanya dengan komputer tapi juga smartphone. 

Intinya adalah perangkat anda bisa terkoneksi ke internet dan memiliki jaringan yang stabil. Di zaman sekarang jaringan internet sudah sampai ke pelosok negeri, jadi tidak perlu khawatir lagi untuk akses internet saat belajar online. 

Waktu Lebih Fleksibel

Sekolah online sangat memudahkan anak-anak karena waktu belajarnya yang lebih fleksibel. Namun biasanya di sekolah terdapat jadwal tertentu di mana anak melakukan pertemuan kelas dengan semua siswa yang ada di dalam kelas tersebut lewat meeting online.

Tetapi untuk pengerjaan tugas atau latihan biasanya dikerjakan kapan saja sesuai dengan waktu yang ditentukan. Tidak harus sesuai dengan jadwal belajar ketika di sekolah offline. Sangat menghemat waktu karena anak-anak tidak harus full satu harian berada di ruang belajar seperti belajar offline. 

Menghemat Biaya

Jika dibilang sekolah secara online adalah membantu untuk penghematan biaya tentu saja benar. Karena anak tidak membutuhkan biaya transportasi ke sekolah, sebab hanya belajar di rumah saja. Orang tua hanya tinggal mempersiapkan jaringan internet yang lancar melalui wi-fi ataupun kuota internet dan juga perangkat yang bisa diakses.

Tidak perlu harus menggunakan laptop atau komputer, karena setiap sekolah umumnya hanya membebankan anak untuk memiliki smartphone untuk mengakses pelajaran secara online. Kecuali jika anak Anda memang anak SMK yang memilih jurusan IT, tentu saja membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang mendukung kejuruannya. 

Tidak Perlu Tulis Materi

Biasanya di sekolah anak tentu akan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru. Namun saat belajar online, maka hal tersebut tidak terjadi lagi sebab anak tinggal mendownload materi yang diberikan oleh guru dalam bentuk file.

Setelah file didownload maka anak tinggal menyimpan dan membuka materi tersebut kapan saja dan dimana saja. Hal ini tentu membantu anak untuk lebih bisa memahami materi pelajaran lewat file yang isinya lebih lengkap. Umumnya para siswa cukup malas untuk mencatat materi, maka dengan adanya file-file ini anak tidak perlu ketinggalan pelajaran dan materi yang diajarkan. 

Itu tadi beberapa kelebihan dari sekolah online yang perlu diketahui. Meski banyak orang yang menganggap ketika belajar online malah membuat anak jadi malas karena selalu menggunakan smartphonenya dan tidak fokus pada pelajaran, sebetulnya bisa diatasi dengan pengawasan dari orang tua itu sendiri.

Saat ini ujian online juga lebih mudah lewat adanya aplikasi ujian berbasis komputer. Pijar Sekolah yang dinaungi oleh Telkom Indonesia mengenalkan aplikasi ujian yang membantu pihak sekolah untuk menciptakan pembelajaran digital yang yang tidak membosankan dan juga seru. Salah satunya yaitu aplikasi ujian yang membuat sekolah jadi lebih hemat biaya.

Pijar Sekolah memperkenalkan aplikasi USBA yang sama dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di mana pelaksanaan ujian nantinya bisa langsung memperlihatkan hasil ujian saat itu juga. 

Kelebihan aplikasi ujian dari Pijar ini terdapat pembahasan dan jawaban atas soal-soal ujian dan bisa dilihat langsung pada akhir ujian, saat nilai sudah dikeluarkan oleh guru. Untuk informasi selengkapnya mengenai aplikasi ujian ini, bisa langsung mengunjungi pijarsekolah.id.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Sekolah Online Yang Harus Dipahami Masyarakat"

List Blog Keren Rajabacklink